Sabtu, 10 Juli 2010

STRUKTUR DAN TOKSONOMI VIRUS

VIROLOGI (Struktur & Taksonomi Virus)
Ditulis oleh rahma02 di/pada Oktober 31, 2007
STRUKTUR & TAKSONOMI VIRUS
(MATERI KULIAH VIROLOGI/25 OKTOBER2007) By:Rahmawati, S.Si
Virus Structure
Definisi: Virus adl parasit intraseluler obligat dan ukurannya 20-200 nm,bentuk dan komposisi kimianya bervariasi,tetapi hny mengandung RNA or DNA. Partikelnya scr utuh disbt “VIRION”yg tdr dr “Capsid” yg dpt terbungkus olh sebuah Glycoprotein/membrane lipid.Virus resisten thd antibiotics.
Methode dlm mempelajari: Morfologi virus dipelajari dg menggunakan mikroskopelektron (EM) dan imunoelektron microscopy (pewarnaan negatif),elektron cryomicroscopy, dan x-ray cristalography.
Simetri virus: Capsid virus semetri helical atau icosahedral. Banyak capsid ditutupi oleh membran pembungkus yg dsbt “ENVELOPE”.Simetri helic tampak sbg protein di sekitar as.nukleat virus.Icosahedron mrp btk kubus (cuboid) teratur yg terdiri dr kumpulan protein berbentuk lingkaran(bulat).
Envelope virus: Envelope virus yg diperoleh dr capsid sbg kuncup (bud) yng mengelilingi nuclear atau membran plasma yg menginfeksi sel. Envelope dpt mengandung sdikit glycoprotein, cth virus HIV (Human Immunodeficiency Virus); atau byk glycoprotein,cth virus HSV (Herpes Simplex Virus). Envelope virus mengandung reseptor yg digunakan oleh partikel virus untuk mengikat dan menginfeksi sel inang.
Taksonomi Virus
Pengklasifikasian virus yang meliputi bnyk hal yaitu mulai dari karakteristik (morfologi, genom,fisika-kimia,dan sifat fisiologisnya,protein,antigenic, dan sifat biologisnya) hingga tingkatan ordo, famili, genus, dan spesies
Ordo virus: mrp pengelompokan famili virus yg memiliki byk kesamaan karakteristik. Ordo ditandai dg akhiran ”Virales”. Salah satu virus yg telah diberi penamaan olh ICTV (International Commitee on Taxonomy of Virus) adl “Mononegavirales”,yg terdiri dr famili “paramyxoviridae,Rhabdoviridae,dan Filoviridae
Famili virus: mrp pengelompokan genus virus yg memiliki byk kesamaan karakteristik dan dibedakan dr anggota famili lainnya. Famili virus ditandai dg akhiran “Viridae”.Contohnya:Picornaviridae,Togaviridae,Poxviridae,Herpesviridae,dan Paramyxoviridae. Pada beberapa famili (misalnya:Herpesviridae) tdp hubungan antara individu-individunya mempunyai 1 subfamili, yg ditandai dg akhiran “virinae’. Herpesviridae diklasifikasikan ke dalam Alphaherpesvirinae (mis: Herpes simplex virus), Betaherpesvirinae (Cytomegalovirus), dan Gammaherpesvirinae (misal:Epstein-Barr Virus).
Genus virus: mrp pengelompokan spesies virus yg memiliki byk kesamaan karakteristik. Genus virus ditandai dg tambahan Virus”. Ditandai dengan akhiran “Virus” (misal: Genus Simplex virus dan genus Varicellovirus pada Alphaherpesvirinae).
Spesies virus: menggambarkan suatu klas polythetic pd virus yg mrp replikasi keturunan dan menempati bagian relung ekologinya.

Utk lebih jelasnya…..lihat n baca buku Nicklin,dkk.1999.Microbiology.Bios Scientific publishers.UK. atau silahkan baca buku apa saja yg berhubungan dg materi ini!selamat belajar!

“Allah pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (utk menciptaka) sesuatu, maka (cukuplah) Dia mengatakan kepadanya:”Jadilah, lalu jadilah ia”. (Q.S.Al-Baqarah:117)
Dan Kami telah menjadikan utkmu di bumi keperluan-keperluan hidup, dan (Kami menciptakan pula) makhluk-makhluk yang kamu sekali-sekali bukan pemberi rizqi kepadanya” (Q.S.Al-Hijr:20)
Kepunyaan-Nya lah kerajaan langit dan bumi, dan Dia tidak mempunyai anak, dan tidak ada sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan-Nya dan Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dg serapi-rapinya”(Q.S.Al-Furqan:2).
Entri ini dituliskan pada Oktober 31, 2007 pada 4:03 am dan disimpan dalam Biologi. Anda bisa mengikuti setiap tanggapan atas artikel ini melalui RSS 2.0 pengumpan. Anda bisa tinggalkan tanggapan, atau lacak tautan dari situsmu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar